bando bunga rajut

sedang semangat membuat kerajianan neh,
mari bikin project kecil yang cepat selesai, masih bertema bunga, yuk buat bando bunga

bahan dan alatnya sebagai berikut:
crochet hook
gunting
jarum
benang putih
benang pink
benang campur yang dah jadi rantai sepanjang 50cm

langkah membuatnya:

1. rantai yang telah dibuat, bagiangan tengahnya sepanjang 25 cm, kita rajut rantai T dengan menggunakan benang warna pink, mengelilingi bagian tengah rantai sebanyak 2 lapis, seperti gambar berikut

detail gambar rantainya sbb:

2. membuat bunga rajut, dengan membuat rantai 0 dan x yang dikombinasi dengan urutan

  • membuat ikatan melingkar
  • membuat 5 rantai ditutup dengan 1 x sebanyak 6kali mengelilingi lingkaran
  • membuat 7 rantai o ditutup dengan 1kali rantai x sebanyak 6 kali mengelilingi rantai pertama sehingga berbentuk sbb:

pada lapisan ketiga buat rantau 0 sebanyak 12 ditutup dengan satu rantai x sebanyak 6 kali sehingga berbentuk seperti gambar berikut

3. buat rantai x dengan benang berwarna putih mengelilingi bagian terluar bunga pink yang telah kita buat sebelumnya, sehingga berbentuk sbb:

4. buat rantai T mengelilingi benang putih sebanyak 1 lapis, kemudian ditutup dengan 2 rantai x, lakukan hal yang sama pada bagian bunga pink lapis ke-2 sehingga menjadi seperti gambar berikut

dan juga lakukan hal yang sama pada bagian bungan pink pada lapis ke-1

sehingga bungan jadi seperti gambar berikut

5. pasangkan bunga ke bando yang telah dibuat dengan cara dijahit, tempatnya disesuaikan minat ya, boleh disamping boleh ditengah, di sini saya pasangnnya disamping, sehingga tampak seperti gambar berikut:

bando dah jadi, dan siap dipakai putri, ponakan ato adek

Membuat Gantungan Dadu dari Flannel

Bahan-bahan :

1. Kain flannel 2 warna
2. Tali Koor Biru muda
3. Gunting
4. Jarum
5. Benang sulam Biru
6. Dakron ( isi dadu )

Pertama gambar sket bujur sangkar di flannel lalu gunting. Gunting hingga jumlah kotak biru muda ada 4 dan biru tua ada 2.

From dadu
From dadu
From dadu

Lalu Jahit bujur sangkar hingga membentuk kotak. Jahit pula bujur sangkar warna biru tua sebagai penutupnya.

From dadu
From dadu

Pasang tali koor lalu jahit kembali, serta masukkan dakron ke dalam kubus.

From dadu
From dadu

Walla dadu jadi hiasi dengan huruf angka 1 sampai 6

From dadu
From dadu

DI bawah ini anda bisa mendownload sket gantungan dadu, selamat mencoba

DOWNLOAD

bunga perca

banyak kain perca? dipandang, ditumpuk, ah warnanya lucu disimpan lagi :)

ndak perlu bingung bunda, dibuat bunga saja, berikut langkah dan bahan untuk membuat bunga dari kain perca.
bahan:
kain perca, warna bebas sesuai selera saja
benang jahit, yang tentunya warnanya disesuaikan ya dengan kain percanya:)

alat:
gunting
jarum jahit tangan

langkahnya:

1. guntuk kain perca dalam bentuk bujursangkar, di gambar ini saya buat guntungannya berukuran 11cm x 11cm
2. lipat kain perca pada diagonalnya sehingga membentuk segitiga sama sisi
3. jahit ujung2 segitiga sehingga berbentuk seperti gambar

4. lipat bagian kain yang tidak dijahit sedemikian rupa sehingga membentuk kelopak seperti gambar

5. buat 6 kelopak
6. satukan ke-enam kelopak berjajar, dengan cara dijahit sehingga berbentuk seperti gambar

7. jika suka tambahkan diasan dengan kain warna lain untuk bagian tengahnya

8. tara…. jadilah bunga kain perca bunda

selamat mencoba ya bunda
dan selamat menjalankan ibadah puasa

Membuat Strobery dari flanel

Pada 6 pebruari lalu cemplux mengadakan pelatihan gratis membuat mainan.

dengan bertempat di rumah stok http://www.cintabunda.com/

project pertama, membuat stroberry dari kain

bahan:

  1. kain flanel merah pink hijau
  2. benang warna putih

alat :

  1. gunting
  2. jarum

langkahnya:

  1. potong kain flanel dengan bentuk setengah lingkaran
  2. jahit kain flanel dengan motif titik-titik tidah beraturan dengan benang warna putih, sehingga bagian belakangnya akan tampak sebagai berikut:
  3. Lipat kain flanel yang telah diberi motif titik-titik putih, dengan mitif titik-titik tersebut berada di bagian dalam, kemudian lekatkan dan jahit kain flanel tersebut sehingga tampak seperti gambar berikut:
  4. setelah selesai dijahit, balik kain tersebut dengan bagian titik-titik berada diluar. Kemudian delujur sisi melingkar dan isi flanel tersebut dengan dakron, setelah cukup cemplux kerutkan jahitan jelujurnya sehingga berbentuk sebagai berikut:
  5. Gunting kain berwarna hijau berbentuk bintang
  6. jahit kain hijau berbentuk bintang tersebut untuk menutupi bagian pangkal buah stroberi sehingga berbentuk sebagai berikut
  7. Buah stroberi segar buatan peserta kursus :D siap untuk di tempal dimana pun

tas perca pelangi

From perca1

dirumah banyak perca kain flanel? dibuang sayang…. coba baut kreasi tas yuk…

alat dan bahan:

1 gulung benang merah

mesin jahit

gunting

setumpuk perca flanel

1/2 m kain blacu

1/2 m kain flanel motif buat dalemannya ben terliat cantik :D

From perca1

caranya :

1. Gabungkan kain perca satu demi satu, diusahakan warnanya selang-seling ya bu
Kira-kira jadi seperti gini:

From perca1

2. Bikin tas dari kain blacu,

a. potong kain balacu lebar 50 cm panjang 100 cm

b. jahit membentuk kantong ukuran 50 x 50 cm

c. jahit bagian pojok bawah kanan dan kiri

3. buat daleman tas dengan bahan kain flanel motif, dengan cara yang sama dengan membuat tas

From perca1

4. pasang aplikasi perca pada bagian depan tas

From perca1

5. Buat 2 helai tali dengan lebar 10 cm dan pajang 100 cm

6. Pasang tali yang telah dibuat

5. Tas siap dipake

6. met mencoba ya

Protected: Let’s Knit Series 4346 (0 - 24)

This post is password protected. To view it please enter your password below:


Protected: Animal Vector

This post is password protected. To view it please enter your password below:


Topi Ultah Binatang

Masih dalam rangka ultah adek Zahra, ibuk mo bikin topi ultah dari kain yang unik dan bisa dibut sendiri dirumah bersama kakak Hamzah n Kakak Azis.

Bahan dan Alat:

1. Kain Flanel Warna-warni

2. Benang sulam Warna warni

3. Jarum Jahit

4. Gunting

5. Sejuta cinta dari Ibuk, Ayah, Kakak Hamzah, Kakak Azis yang dah bantu guntingin ngikutin pola :*

6. Eit ada yang kurang Dobletip ya

Cara Buatnya:

1. Buat Pola bentuk yang diinginkan, berikut contoh polanya. Pola ini dapat langsung dipotong kok, ukurannya dah persis ma ukuran sebenarnya kok.

2. Gunting Kain Flanel berdasar Pola tersebut,

3. tempelin asesoris hiasan yang diperlukan, karena ibuk bikinnya bareng ma anak-anak. Ibuk pake perekatnya pake doble tip, yang nurut ibuk lebih aman dibandingin pake lem kain jenis lain. ini beberapa yang dah ditempelin asesoris

4. Jahit untuk hiasan yang lebih dari 2 tumpukan, biar g mudah lepas bu

5. Setelah semua karakter yang hendak ditempel dah jadi, kita siapkan topi buatan kita, ibu pake desain topi golf, soalnya bikinnya lebih cepet :D, wah sayangnnya potongan tahapannya blom sempat ke jepret. Berikut hasil jahit, gunting dan tempel kami sekeluarga selama hari minggu kemaren

6. Berikut hasilnya setelah ditempel di topi golf buatan ibuk

kayaknya lucu joga loh, klo para tamunya pada pake tuh topi.

Dekorasi Ultah

Besok tanggal 26 adek Zahra tepat bermur 2 tahun, mo bikin sukuran undang temen-temen adek zahra. Jadi Pingin buat dekorasi yang unik dan tentunya handmade. Yang musti ada kayaknya tulisan ucapanya deh…. untuk buat ucapannya butuh hurufnya kan….. :D

Berikut beberapa langkah untuk menbuatnya

Bahan dan alat:

Kain Flanel warna-warni

Tali kord

spon / dakron

benagn sulam

Jarum

Gunting

Langkah-langkahnya:

1. Gunting kain flanel sesuain bentuk huruf-huruf yang diinginkan sehingga jadi seperti gambar berikut:

2. Jahit 2 lembar kain flanel yagn telah di potong, seperti tampak pada gambar berikut:

3. Beri tali untuk mengkaitkan antara satu huruf dengan huruf yagn lain

4. Isi flanel yang telh dijahit dengan spon ato dakron atau kaun perca biar gembung hurufnya seperti terlihat di gambar berikut:

5. selesai dah, jadinya seperti gambar berikut:

buat semua huruf yang diperlukan…… ini juga masih dalam proses selesaikan tulisannya ampe lengkap, ntar klo dah jadi ya saya upload rencannya seh bikin tulisan “Selamat Ultah ke 2 Adek zahra” dah 3 hari neh bikin blom slese-slese, bikinnya baru bisa klo adek zahra dah tidur, itupun klo Ibune g keburu ngantuk :D Ngantukan…..

Tetap semangat nyelesaiin neh project buat aku….

buat yang lain, selamat mencoba ya

Akhirnya selesai juga, ini hasil jadinya ya

klo dari samping kayak gini, mlentung-mlentung :D

itu belom bener-bener slesesai sih, masih perlu di beri asesoris lain, plannya seh mo ditambahin karekter Dora…. klo waktunya nutut :D

Belt Mutiara

Sore-sore bersihkan rak koleksi, liat mutiara warna hijau, jadi inget abaya ku yagn warna ijo. Kayaknya pake abaya di kasih belt mutiara dengan warna2 senada sepertinya cantik. ibuk saranin, klo pingin bikin pake mutiara air tawar aja, biar g gampang ngelupas, kan saya tuh bikin susah-susah dipake bentar dah ngelupas semua. Sama kawatnya pake kawat monel ya, biar g karatan, kan jelek tuh klo mutiarannya asli tapi rantainya karatan, jadi ganggu pemandangan ae…. met coba ya………..

Bahan dan alatnya:

1. Mutiara warna emas ukuran sedang (diameter 8mm)

2. Mutiara warna ijo toska ukuran sedang (diameter 8 mm)

3. Mutiara warna emas ukuran kecil (diameter 2mm)

4. Mutiara warna ijo muda ukuran kecil (diameter 2mm)

5. Kawat Monel

6. Tang Potong

7. Tang Spiler

Caranya:

Cuman ada 1 langkah yang diulang-ulang:

MAsukkan kawat monel ke lubang mutiara, buat loop sebagai pengait di kedia ujung kawat, bentuk, loopnya seperti ini :

loop yang kecil ya, bukan yang besar loh, yagn besar itu gulungan kawat monelnya :D

setelah semua mutiara diberi kawat monel dnegan kedua ujungnya diberi loop (kait bentuk kingkaran) kita kaitkan masing-masing loop tersebut dengan panjang hingga dapat mengelilingi pinggul kita. Kita bisa menyusunnya dengan ber selang seling antara 2 warna dan dua ukuran yagn ada. nah ini baru dapet 50 cm hasilnya akan tampak seperti ini:

susunan-nya g aharus bersis gitu kok, bikin sesua kreasi aja….

met berkreasi ya….